dinsdag 2 april 2013

Istri Teladan




                                                                                   sumber gambar : di sini

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda bahwa “Wanita paling utama di surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran dan
Asiyah binti Muzahim istri Fir’aun.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

Fatimah Az Zahra ra bertanya kepada Rasulullah SAW tentang wanita pertama yang akan memasuki surga. Rasulullah bersabda: “Wahai Fatimah, jika engkau ingin mengetahui perempuan pertama masuk surga, selain Ummul Mukminin, dia adalah Ummu Mutiah.”

1.      Khadijah binti Khuwailid ra
Dari siroh kita bisa mengenal kepribadian ummul mukminin yang satu ini, sebagai sosok istri yang sangat dicintai oleh suaminya, Rasulullah SAW. Rasulullah bersabda, “…Ia beriman kepadaku ketika semua manusia ingkar. Ia membenarkanku ketika seluruh manusia mendustakan. Ia membantuku dengan hartanya ketika semua manusia menahan harta mereka…” (HR Ahmad). Di lain kesempatan, Rasulullah SAW bahkan bersabda, “Sesungguhnya aku telah diberi karunia dengan cintanya Khadijah kepadaku” (HR Muslim). Masya Allah…sosok istri yang mendukung penuh suaminya, taat kepadanya bahkan bijak dan menenangkan.



2.      Fatimah binti Muhammad ra
Fatimah adalah putri Rasulullah SAW. Beliau adalah sosok yang putri yang sangat patuh & hormat pada orang tuanya. Beliau memiliki akhlak yang mulia, yakni qana’ah. Ali r.a. berkata:”Aku menikahi Fatimah, sementara kami tidak mempunyai alas tidur selain kulit domba untuk kami tiduri di waktu  malam dan kami letakkan di atas unta untuk mengambil air di siang hari.” Beliau juga senantiasa mengucapkan kalimat yang menentramkan hati suami. Suatu ketika Ali ra, suaminya, pulang tanpa membawa hasil dari pekerjaannya. Dengan wajah manis dan tersenyum, Fatimah ra menjawab, “Tidak apa-apa kanda. Bukankah rejeki itu sudah diatur dan bukan kita yang mengaturnya”.

3.      Asiyah binti Muzahim
Asiyah adalah istri raja Fir’aun yang dzolim. Beliau  mampu mempertahankan keyakinannya, ia tidak tergiur dengan harta, kemewahan, tahta & kekuasaan meskipun suaminya mengancam dan menyiksanya. Beliau selalu memanjatkan do’a, ” Ya Rabb-ku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.” (QS At-Tahriim 11)

4.      Ummu Mutiah
      Suatu ketika, Fatimah ra bertanya kepada Rasulullah SAW tentang wanita yang pertama kali masuk
      surga. Jawaban Rasulullah membuat Fatimah penasaran tentang sosok Mutiah. Akhirnya beliau
      berkunjung ke rumah Mutiah. Dari pengamatannya, akhirnya Fatimah pun menyebutkan bahwa Mutiah 
      memang layak menjadi ahli surga. Mutiah adalah sosok istri yang patuh pada suami, ikhlas mengabdi 
      kepada suami dan berusaha
      menyenangkan suami. 

Wallohu a'lam bish showab

Geen opmerkingen:

Een reactie posten