donderdag 21 maart 2013

B.A.H.A.G.I.A

sumber gambar : dari sini


Tiada seorang pun yang ingin hidupnya sengsara. Betul kaaan? Akan tetapi, tanpa disadari kita melakukan suatu hal yang bisa menyebabkan "sengsara", yaitu banyak keinginan. Ingin ini...ingin itu... Padahal, kalau kita tahu bahwa karunia itu datang karena rasa syukur, bukan karena kenginan. So, banyakin syukurnya yaaa... kalau ingin mendapat karunia.

Ada beberapa kunci kebahagiaan (disampaikan oleh Aa' Gym dalam pengajian KPMI di Brussel tgl 16 Maret 2013), yaitu :
1. Hati yakin bahwa semua karunia ini bersumber dari Allah, lainnya (seperti manusia, tindakan, dsb) hanya sebagai "jalan" atau perantara saja.
2. Senantiasa membasahi lisan dengan mengucap syukur.
"Orang yang menderita itu bukan karena tidak mendapat kenikmatan, tetapi kufur nikmat/lupa bersyukur"
"Hamdalah adalah sebaik-baik do'a"
Seandainya kita yang dipilih oleh Allah sebagai jalan kebaikan bagi orang lain, janganlah berbangga diri. karena sesungguhnya, orang memuji kita bukan karena kebaikan atau kehebatan kita, melainkan karena Allah menutupi aib-aib kita. Astaghfirullohal adziim... :'(
3. Asykurkum lillah, Asykurkum linnas, artinya Orang yang paling bersyukur kepada Allah adalah paling banyak bersyukur kepada manusia (pandai balas budi/tahu berterima kasih).
"Jika kita hanya selalu menerima kebaikan orang lain tanpa membalasnya, maka izzah (kemuliaan/harga diri) kita akan turun. Dan jika kita melakukan kebaikan hanya karena mengharap balasan orang lain, maka itu akan dapat mengotori hati"
4. Manfaatkan nikmat yang ada untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Ciri sikap yang benar --> hati merasa tenang
Ciri sikap yang tidak benar --> hati merasa gelisah

"Ahli syukur itu cirinya adalah ikhlas dan istiqomah adalah salah satu ciri ikhlas. 
So, mari kita selalu berusaha bersyukur dengan mengistiqomahkan kebaikan-kebaikan yang sudah kita kerjakan. Sambil terus menata hati dan menyempurnakan kualitasnya. (by : me)"

Bagi yang ingin mendengar rekaman tausyiahnya, bisa di-download di sini.

Wallohu a'lam bish showab

Geen opmerkingen:

Een reactie posten