donderdag 21 maart 2013

Mendidik Anak Berjiwa Al Qur'an

Subhanallohu Allohu Akbar...


Kesan pertama saya setelah melihat tayangan ini adalah LUAR BIASA! Tamparan keras buat saya, yang masih tertatih-tatih untuk mengistiqomahkan diri dalam menghafal Al Qur'an. Malu, kagum, salut berbalut takbir. Maha besar Allah. betapa tidak? Ketiga kakak beradik yang masih berusia belia ini, Tabarak (9 th), Yazeed (7 th) dan Zeenah (5 th), telah mulai menghafal Al Qur'an saat berusia 3 th-an. Kini ketiganya telah menjadi huffadzul Qur'an 30 juz. Semoga kelak saya dianugerahi putra-putri yang penghafal dan pengamal Al Qur'an..aamiin

 Siapa yang membaca Al Qur'an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaiakan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, "Mengapa kami dipakaikan jubah ini?" Dijawab,"Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Qur'an." (HR. Al-Hakim)


Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, bagaimana orang tuanya mengajarkannya? mengingat usia balita itu seorang anak sedikit banyak tergantung dengan apa yang dilakukan atau diberikan oleh kedua orang tuanya.

"Tiap bayi itu dilahirkan dalam keadaan suci (fitrah-Islam). 
Ayah dan ibunyalah yang kelak menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi." (HR Bukhari)

Apa yang dilakukan Dr Kamil Laboudi, ayah dari ketiga huffadz termuda di dunia ini? berikut sekilas dari apa yang saya dengar dari tausyiahnya :
- memperdengarkan ayat-ayat Al Qur'an berulang-ulang
- disiplin waktu
- menghafal dari yang paling mudah
- mendo'akan di saat-saat mustajabah
- memohon pertolongan pada Allah


Yazeed pun ikut berbagi cerita bagaimana ia mulai menghafal Al Qur'an...silakan disimak di video ini...


Subhanalloh...semoga Allah senantiasa memuliakan mereka semua. *sambil termewek-mewek karena terharu sekali ketika Yazeed sangat khusyu membaca do'a, bukan do'a untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk saudara-saudara muslim yang lainnya, termasuk kita :'(*

Wallohu a'lam bish showab

Geen opmerkingen:

Een reactie posten