donderdag 7 februari 2013

Do'a-Do'a dalam Al Qur'an

sumber gambar : dari sini


♥♥ Bismilahirrahmanirrahiim ♥♥

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan,

وَيَنْبَغِي لِلْخَلْقِ أَنْ يَدْعُوا بِالْأَدْعِيَةِ الشَّرْعِيَّةِ الَّتِي جَاءَ بِهَا الْكِتَابُ وَالسُّنَّةُ فَإِنَّ ذَلِكَ لَا رَيْبَ فِي فَضْلِهِ وَحُسْنِهِ وَأَنَّهُ الصِّرَاطُ الْمُسْتَقِيمُ صِرَاطُ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنْ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا .

“Sudah sepatutnya setiap hamba berdo’a dengan do’a yang syar’i yang disebutkan dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Karena do’a yang berasal dari keduanya tidak diragukan lagi keutamaannya dan kebaikannya. Do’a yang ada pada keduanya termasuk doa’ para Nabi, para shidiqin, para syuhada’, orang-orang sholih yang menjadi teman terbaik yang tentu berada di jalan yang lurus. ”(Majmu’ Al Fatawa, 1/346.)

Berikut ini do'a-do'a yang tercantum atau diabadikan dalam Al Qur'an...


Do’a Memohon Petunjuk
Surat Al-Fatihah  6-7Ya Allah, Tunjukilah Kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Do’a Nabi Ibrahim as untuk Kemuliaan Mekah
Surat Al-Baqarah  126
Ya Allah, Jadikanlah (negeri Mekah) ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian.

Do’a Nabi Ibrahim dan Ismail asKetika Membangun Pondasi Baitullah
Surat Al-Baqarah ; 127-128
Ya Allah,Kami terimalah daripada Kami (amalan kami), Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.
Ya Allah, Jadikanlah Kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu Kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada Kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji Kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Do’a Kebaikan Dunia dan Akhirat
Surat Al-Baqarah ; 201
Ya Allah, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka.

Do’a Pasukan Thalut ‘Ketika Melihar Musuh’/ Do'a ketika Menghadapi Musuh
Surat Al-Baqarah ; 250
Ya Allah, tuangkanlah kesabaran atas diri Kami, dan kokohkanlah pendirian Kami dan tolonglah Kami terhadap orang-orang kafir.

Do’a Orang Mu’min / Do'a Keselamatan
Surat Al-Baqarah ; 285-286
Ya Allah, Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.
Ya Allah, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah.
Ya Allah, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.
Ya Allah, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir.

Do’a Minta Ketetapan Hati
Al-Qur’an Surat Ali ‘Imran ; 8-9
Ya Allah, janganlah Engkau jadikan hati Kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada Kami, dan karuniakanlah kepada Kami rahmat dari sisi Engkau; karena Sesungguhnya Engkau-lah Maha pemberi (karunia)
Ya Allah, Sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya.

... in syaa Allah akan terus dilengkapi.

wallohu a'lam bish showab

Geen opmerkingen:

Een reactie posten